Pramuka Berbasis Entrepreneur



Pramuka penggalang smp sedang melaksanakan kegiatan proses transaksi jual beli, Sabtu(30-05-2015). Sekolah ini meminta kepada Pembina pramuka untuk menjadikan siswa-siswanya agar mempunyahi pengalaman berbeda dari pramuka-pramuka lainya yang hanya menekankan pada kepramukaanya. Dari pesan tersebut, Pembina pramuka  SMP ini memutar otak untuk memikirkan tentang pengembangan pramuka pada anak didik. Tercetuslah kegiatan Eksplorasi sebagai pengetahuan tambahan untuk anak  pramuka. Menurut KBBI, kata Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh penglaman baru dari situasi yang baru.
Jadi para siswa SMP ini digembleng mengeksplor dirinya untuk dapat berproses marketing setiap dua minggu sekali. Mengapa dua minggu sekali?, karena setiap minggu bergantian dengan khusus kepramukaan.
Kegiatan eksplorasi marketing dilakukan berkelompok antar kelas. Jadi satu kelas menjadi satu kelompok. Mereka diberi kesempatan untuk kreatif  ingin menjual atau memasarkan apa dalam eksplorasi itu. Modal dari usaha jualan mereka diambil dari iuran satu kelompok. Ternyata tidak kalah dengan orang pasar. Siswa SMP ini pintar dalam bernegosiasi dengan pelanggan. Cara kerja masing-masing kelompok dalam memasarkan produknya yaitu dengan cara ada yang menjaga stand dan melayani pelanggan, dan juga ada yang keliling kekelompok lain untuk menawarkan produknya. Lokasi dari kegiatan ini sangat strategis untuk berjualan, karena semua kelompok dijadikan satu area di halaman sekolah. Jadi, memudahkan mereka bertransaksi satu sama lain.
Sudah saatnya pramuka dibelajari atau dibiasakan berwirasaha mulai dini(Pramuka siaga). Tidak hanya monoton pada materi mengenai kepramukaan setiap saat. Mengapa pramuka, bahkan yang lain perlu ditanami jiwa berwirausaha dalam diri agar kita sebagai masyarakat Indonesia tidak ketinggalan denga adanya progam MEA(Masyarakat Ekonomi Asia). Program ini tidak melihat kondisi atau keadaan masyarakat Indonesia seperti apa. Maka dari itu mari kita asah diri kita agar dapat bersaing di MEA dengan Bangsa lain. Pramuka itu segalanya bisa, jiwa pramuka itu jiwa liberal, jiwa kuat, dan terpenting jiwa kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dwi Wicaksana | Universitas Jember © 2016 ~ Sarana Informasi Kuliah Universitas Jember
Skip to toolbar