LATGAB dan Pengakraban Pramuka Perguruan Tinggi Jember ( Season 4 ) bertemakan Pramuka Peduli

              Minggu pagi-siang 20/09/2015, kumpulan pramuka perguruan tinggi Jember melaksanakan latihan gabungan dan pengakraban ke sekian kalinya yang saat ini bertempat di POLTEK. Suguhan materi berupa taksir menaksir disampaikan oleh ketua racana POLTEK kak Afif, dan pemahaman mengenai projek pramuka berkelas International  MOP (Messengers Of Peace) yang disampaikan oleh Anggota pramuka Unej Kak Anam. Latgab kali ini dihadiri anggota dan calon anggota masing-masing Racana(pangkalan).
          Apel sebelum kegiatan sudah mentradisi pada pramuka sebagai awalan setiap kegiatan, dan tidak  Afdol jika tidak ada senam pramukanya. Maka dari itu setelah apel pembukaan dilaksanakanlah senam pramuka. Setelah apel dan senam dilanjutkanlah sharing materi. 
          Sharing materi pertama taksir menaksir yang ada pada pramuka. Seperti pada umumnya jenis menaksir yang ada dipramuka yaitu, menaksir tinggi pohon, kecepatan arus, kecepatan angin, dan lebar. Sedangkan materi menaksir yang tergolong khusus hampir tidak digunakan dalam kepramukaan  yaitu menaksir diri sendiri dan menaksir cuaca juga di sampaikan, Hitung-hitung pengetahuan dan ilmu baru tentang menaksir. 
          Sesi kedua setelah menaksir yaitu pengenalan projek International MOP oleh Kak Anam. Messengers Of Peace atau di singkat MOP dalam bahasa Indonesia berarti “Pembawa Pesan Perdamaian” adalah gerakan damai untuk membantu masyarakat melalui Gerakan Pramuka. Program ini telah dilaksanakan di 110 negara dengan total 10 juta anggota. Dengan adanya MOP diharapkan pramuka memiliki jiwa sosial tinggi dan peduli  sesama umat manusia.
          Dipenghujung kegiatan, peserta latgab bersama-sama selfie dengan membawa kertas bertuliskan mengajak perdamaian, yang nantinya foto tersebut disebar ke publik lewat WOSM. Selfie ini salah satu jenis kegiatan MOP yang mengajak perdamaian umat manusia lewat Sosial media, dan masih banyak kegiatan MOP lainya.
***
Kesan penulis
          Moment tak terlupakan setelah acara latgab yaitu rujakan bersama disanggar Racana POLTEK. Bahan yang dibuat rujak adalah mangga hasil panenan kakak pramuka. Mangga orang kok dipanen, wkwkwk. Tapi tidak masalah, karena sudah mendapat izin yang punya mangga kok,,, moment seperti inilah yang membuat tali silaturrahmi tak mudah pudar. Semoga kita bukan termasuk orang yang merugi ya kakak. Tetap semangat berproses apapun, dimanapun, dan keadaan apapun. Dunia ini kita tak tahu ukuran luasnya seperti apa, mari bersama-sama mencari tahu.


3 Comments

Add a Comment
  1. langsung saja upload atau mendaftarkan diri kakak ke http://www.scout.org🙂 yuk selalu berbagi hal yang baik dimanapun kita berada.

  2. Keren acarantaa, tetap semangat yaa :)Ditunggu kegiatan inspiratif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dwi Wicaksana | Universitas Jember © 2016 ~ Sarana Informasi Kuliah Universitas Jember
Skip to toolbar