Suksesnya dua kegiatan pada waktu bersamaan (LOKATEGAK and JOTA-JOTI)

         

              16-18 Oktober 2015  menjadi waktu dan moment keberkahan bagi Organisasi kepramukaan Unej  Racana Damarwulan-Srikandi. Dua kegiatan bergengsi dilaksanakan pada waktu sama mendapatkan hasil luar biasa. Kegiatan tersebut meliputi LOKATEGAK (Lomba Kreasi dan Aksi Penegak) yang berlangsung selama tiga hari Jumat-Minggu(16-18/10) di BRIGIF-09. Kegiatan selanjutnya yaitu JOTA-JOTI International yang berlangsung selama tiga hari juga, namun tempatnya berbeda berada di kediaman ketua ORARI  (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia) lokal Patrang Jember.

          Meskipun kedua kegiatan tersebut dilakukan secara bersamaan dengan kepanitiaan yang berbeda, tidak menutup kemungkinan untuk membawa hasil maksimal. Anggota racana sebagai penggagas acara, bahkan segenap Alumni yang hadir merasa puas dengan  suksenya jalanya kedua kegiatan sekaligus. Terlebih lagi dibulan Oktober ini Racana Damarwulan-Srikandi akan mengenang hari jadi yang ke 36 pada tanggal 28 nanti. Hasil kedua kegiatan yang sudah sukses dibulan Oktober akan dibungkus rapi dijadikan hadiah terspesial untuk Racana di hari jadinya ke 36.

Berikut gambaran umum kegiatan LOKATEGAK dan JOTA-JOTI
LOKATEGAK
          LOKATEGAK merupakan kegiatan perlombaan yang menaungi pramuka penegak untuk berkreasi dan bersaing dengan penegak lainya. Perlombaan yang diadakan pramuka Unej ini berlingkup Propinsi Jawa Timur. Jumat 16/10  pukul 07.00, peserta lomba mulai memadati bumi perkemahan lapangan bawah BRIGIF-09. Peserta lomba melakukan registrasi ulang terlebih dahulu sebelum mendirikan tenda. Setelah itu mereka dapat mendirikan tenda sesuai nomor tenda yang sudah disiapkan panitia. Pendirian tenda usai dilakukan, peserta dan panitia melakukan apel pembukaan. Dalam laporanya ketua panitia M.Hafid Afandi terdapat 25 sangga putra dan 28 sangga putri dengan total 53 sangga setara 424 orang.
          Lomba pada hari pertama yaitu lomba colonel tongkat yang dilaksanakan setelah ishoma  pukul 12.30 sampai menjelang sore. Lanjut pukul 18.30-22.30 melaksanakan agenda malam Bhineka Tunggal Ika yaitu perlombaan seni yang berbau kebangsaan Indonesia. Setelah perlombaan hari pertama selesai, seluruh peserta berekreasi kepulau kapuk(tidur).
          Hari kedua LOKATEGAK setelah bina jasmani dan giat pribadi, lanjut perlombaan Pengibaran bendera dan PPGD pada waktu bersamaan 07.00-11.30. Setelah itu ishoma, kemudian lanjut lagi perlombaan Kreasi Pioneering, Desain Logo, Teknologi Tepat Guna, dan Cerdas Tangkas. Malam harinya dilaksanakan upacara api unggun di lapangan tembak BRIGIF-09. Petugas upacara api unggun dari masing-masing perwakilan peserta LOKATEGAK, mulai dari pemimpin upacara, ajudan, dan pembaca dasarma. Berhubung Pembina racana tidak dapat hadir, maka Pembina upacara api unggun diisi oleh Manggutra Kak Hadi. Dalam amanatnya, kak Hadi berpesan agar tidak berfikir musyrik dan takabur dengan adanya api unggun disetiap kegiatan pramuka.”Api unggun dibuat bertujuan untuk menghangatkan badan, untuk penerangan, dan sebagai  pelindung agar terhindar dari binatang buas”. Tegas Kak Hadi.
          Perlombaan dihari terakhir yaitu lomba mading 3D dan English Speech Contest. Namun ada empat sangga tanding lomba pengibaran bendera lagi dikarenakan nilainya sama.  keseluruhan lomba usai, peserta membongkar tenda masing-masing dan melakukan operasi semut agar bumi perkemahan kembali bersih. Setelah itu dilaksanakanlah apel penutupan dan pembagian penghargaan. “yang membawa pulang piala jangan besar hati dan yang belum mendapat kesempatan membawa pulang piala jangan berkecil hati,  semua pramuka adalah saudara, tidak ada persaingan atau bermusuhan lagi setelah lomba selesai. Mari lebih tingkatkan dan siapkan prestasi kita di ajang perlombaan selanjutnya”. Pangkas Kak Anang dalam amanat apel penutupan.  di penghujung acara adalah sayonara dan saling bermaaf-maafan seperti idul fitri saja.
 JOTA- JOTI
          JOTA-JOTI merupakan kegiatan interaksi antar pramuka dipenjuru dunia melalui udara dan internet. Orang pramuka bisa berinteraksi secara terstruktur dengan pramuka lain yang ada di Indonesia maupun dunia dengan mengikuti JOTA-JOTI. Berkomunikasi melalui kegiatan ini tidak semudah berkomunikasi melalui HP/Telp. Ada kode-kode yang harus di ucapkan setelah maupun sesudah berkomunikasi. Sesuai dengan pramuka yang suka dengan sandi-sandi dan kode-kode.
Pramuka Unej sudah ketiga kalinya melopori kegiatan JOTA-JOTI di Jember. Sebenarnya kegiatan ini berada dalam ranah Kwarcab yang mengadakan, karena Kwarcab tidak menyelenggarakan kegiatan ini, maka pramuka Unej berinsiatif untuk menyelenggarakanya. Kegiatan JOTA-JOTI kali ini bekerja sama dengan DKC Jember dan pihak Orari.
          Berkat  kerjasamanya pramuka Unej, DKC, dan ORARI, kegiatan JOTA-JOTI kali ini lebih sukses dari tahun sebelumnya. Ketua panitia kegiatan ini dari anggota pramuka Unej Kak Anam beserta team sukses anggota lainya termasuk DKC dan ORARI. Teknis berlangsungnya Kegiatan ini dibimbing penuh oleh anggota ORARI kak Abu dkk.   
          Sejumlah 121 orang pramuka berpartisipasi dalam kegiatan JOTA-JOTI yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari penggalang, penegak, dan pandega. Ada 5 kloter terbagi dalam 3 hari. Karena mulainya setelah hari jumat, maka hari itu hanya ada 1 kloter. Pada hari selanjutnya masing-masing ada 2 kloter. Peserta bebas datang dengan waktu kloter yang dipilihnya.
          “Semoga kegiatan pramuka di Jember lebih sukses dan lebih dikenal pramuka lain. Kita tidak harus menunggu dari Kwarcab pramuka jember mendunia. Masak harus nunggu Indonesia merdeka dulu rakyatnya baru bisa makan nasi, kan tidak demikian. harapan kedepanya kita sesama pramuka yang ada dijember saling bahu-membahu mensukseskan kegiatan pramuka dijember” . Ujar Kak Actor anggota DKC Jember. 
doc lokategak :

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dwi Wicaksana | Universitas Jember © 2016 ~ Sarana Informasi Kuliah Universitas Jember
Skip to toolbar